Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

Perbedaan Kecepatan dan KelajuanKebanyakan dari kita pasti belum mengetahui bahwa kelajuan dan kecepatan adalah dua hal yang berbeda. Dan pasti rata-rata kita semua menganggap dua hal tersebut 2 kata yang mempunyai arti dan makna yang sama, namun tahukah anda apakah perbedaan dari kecepatan dan kelajuan? Berikut penjelasan mengenai perbedaan keduanya.

kecepatan dan kelajuan dua hal yang berbeda
Jika suatu benda bergerak lurus terhadap benda lain, dan jarak antara kedua benda tersebut. Cepat dan lambatnya gerak yang dialami oleh suatu benda merupakan kelajuan benda tersebut. Secara matematis kelajuan dapat dirumuskan:


Kelajuan suatu benda menyatakan besar kecepatan benda tersebut, tetapi tidak mempertimbangkan arah perpindahannya. Adapun kecepatan mempertimbangkan arah perpindahan benda. Dengan demikian, kecepatan merupakan kelajuan beserta arah geraknya. Kelajuan termasuk besaran skalar karena tidak bergantung pada arahnya, sedangkan kecepatan termasuk besaran vektor karena bergantung pada arahnya.

Misalnya seperti pernyataan berikut, sebuah motor bergerak 50 km/jam, maka dapat dikatakan motor tersebut bergerak dengan kelajuan 70 km/jam bukan kecepatannya. Sehingga nilai kelajuan selalu bernilai positif. Alat yang biasanya dipakai untuk mengukur kelajuan adalah spidometer. 

Sedangkan untuk pernyataan mengenai kecepatan yaitu seseorang berlari 5 m/s ke arah timur. Dari pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kelajuan pelari tersebut 10 m/s, sedangkan kecepatannya adalah 5 m/s ke arah timur.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan keceptan dan kelajuan, mohon maaf jika penjelasaanya masih sangat singkat, semoga bisa membantu agan-agan sekalian :)

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya!
EmoticonEmoticon