Nilai Skala Terkecil (NST) Pada Alat Ukur

Nilai Skala Terkecil (NST) Pada Alat Ukur - Mungkin pada saat anda melakukan praktikum, utamanya pada praktikum mata pelajaran Fisika...pastinya anda akan bertemu dengan yang namanya Nilai Skala Terkecil atau yang biasa disingkat dengan NST pada saat menggunakan sebuah alat ukur. Nah, bagi anda yang belum memahami apa sebenarnya NST itu, berikut penjelasan singkatnya.


Pada umumnya alat-alat ukur memiliki skala. Pada skala terdapat goresan besar dan kecil. Goresan besar dibubuhi dengan angka yang sesuai dengan besaran yang diukur, sedangkan goresan kecil tidak dibubuhi angka. Oleh karena itu langkah pertama yang dilakukan sebelum menggunakan alat ukur adalah menentukan nilai skala terkecil alat itu disingkat NST. Jadi tiap alat ukur memiliki NST yaitu nilai dari jarak antara dua goresan terdekat. Oleh karena mata manusia (tanpa alat bantu) agak sukar melihat jarak kurang dari 1 mm dengan tepat, maka jarak antara dua goresan kecil berdekatan tidak pernah kurang dari 1 mm. Berikut ini adalah contoh beberapa skala alat ukur.
Nilai Skala Terkecil (NST) Pada Alat Ukur
Nilai Skala Terkecil (NST)
Jadi jelas bahwa NST menyatakan kemampuan alat ukur atau keterbatasan alat ukur, artinya harga yang lebih kecil dari NST ini tidak dapat dibaca dengan pasti, melainkan dengan melakukan taksiran dengan cara interpolasi. Oleh karena membuat taksiran adalah tindakan yang sangat  subyektif, maka suatu ketidakpastian telah menyusup dalam hasil pengukuran. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai Nilai Skala Terkecil (NST) Pada Alat Ukur, semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya!
EmoticonEmoticon