Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif

Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif - Paragraf yaitu rangkaian sebagian kalimat yang sama-sama tersambung serta memiliki kandungan satu ide atau tema paling utama yang tengah dibicarakan di dalamnya. Terdapat banyak type Paragraf didalam bhs Indonesia yakni Paragraf deduktif, Induktif, serta kombinasi.

Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif

Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif Lengkap dengan contohnya
Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif

1. Paragraf Deduktif 

Paragraf deduktif yaitu satu Paragraf yang kalimat intinya terdapat dimuka Paragraf. Paragraf ini dengan diawali pernyataan yang berbentuk umum serta lalu dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan spesial yang berbentuk contoh-contoh, perincian spesial, bukti-bukti dan sebagainya. Lantaran Paragraf deduktif diperkembang dari satu pernyataan umum, jadi pola kalimatnya yaitu dari umum ke spesial.

Contoh Paragraf deduktif : 

Kemacetan telah jadi hal yang umum di Kota Jakarta. Kemacetan itu diseabkan oleh sebagian aspek diantaranya. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tak seimbang dengan luasnya jalan. Ke-2, Kurangnya kedisiplinan untuk semuanya pemakai jalan raya. Ketiga, Kemunculan beberapa tempat yang menganggu jalan raya seperti pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yg tidak digunakan, banjir, dsb. Yang paling akhir, Ketidak tegasna aparat yang berwenang dalam menindak beberapa pelanggar lantas lintas.

Ciri-ciri kalimat deduktif:

  1. Kalimat utama berada di awal paragraf.
  2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan.

Pola Paragraf deduktif:

  • Umum,
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Khusus.

2. Paragraf Induktif 

Kalimat paling utama Paragraf induktf terdapat di bagian akhir Paragraf. Paragraf ini dengan diawali kalimat-kalimat penjelas yang berbentuk kenyataan, contoh-contoh, perincian spesial ataupun bukti-bukti yang kemudia diambil kesimpulan atau digeneralisasikan kedalam satu kalimat pada akhir Paragraf. Paragraf Induktif diperkembang dari pola spesial ke umum.

Ciri-ciri kaliamat Induktif

  • Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Kemudian, digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir Paragraf.

Pola Kalimat Induktif

  • Khusus,
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Umum.

Contoh Paragraf Induktif:

Paragraf Induktif terdiri dari beberapa jenis diantara sebagai berikut:

a. Generalisasi

Setelah ujian anak-anak di periksa, ternyata nilai mereka beragam. Sebnyak 20 siswa nilainya melebihi standar kelulusan. 10 siswa mendapat nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorangpun yang mendapat nilai dibawah standar. Bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini cukup berhasil.

b. Analogi

Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra karenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyaknya pikiran yang mengagngu. Itulah mengapa dikatakan belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.

c. Sebab-akibat

Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Banyak sampah yang menumpuk akibat kita erring membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi, mendangkalnya permukaan saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan banjir selalu datang setiap hari.

d. Perbandingan

Andi suka menolong setiap orang. Dia selalu ramah kepada siapapun. Tidak seperti adiknya Anto yang suka menjahili orang. Anto terkanal karena kenakalannya daripada prestasinya. Itulah mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari teman-temanya.

3. Paragraf Campuran 
Paragraf kombinasi yaitu Paragraf yang dengan diawali menyampaikan kalimat paling utama lalu didukung oleh kalimat-kalimat penjelas serta disudahi oleh rangkuman di bagian akhir Paragraf. Dengan kata lain Paragraf ini mempunyai 2 kalimat paling utama.

Ciri-ciri Paragraf campuran:

  1. Memiliki kalimat utama pada awal Paragraf dan kemudian ditekankan kembali pada akhir paragrapah.
  2. Adanya pengulangan atau variasi pada beberapa kata kunci atau keyword pada awal dan akhir paragraf.

Pola Paragraf campuran:

  • Umum,
  • Khusus,
  • Khusus,
  • Umum.

Contoh:
Manusia adalah makhluk sosial. Semua pekerjaan sehari-hari kita membutuhkan manusia lainnya. Misalnya saja kita ingin makan, tentu saja kita membutuhkan petani untuk mendapatkan nasi, nelayan untuk mendapatkan ikan dan peternak untuk mendapatkan daging. Semua aspek di kehidupan kita tidak luput dari bantuan orang lain. Bahkan untuk mati pun kita masih membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain.

Semua makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman untuk melangsungkan hidupnya. Binatang bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang tersedia di alam. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makanan dan minuman untuk tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup akan mati jika tidak makan dan minum. Jadi, binatang, tumbuhan, dan manusia memerlukan makanan dan minuman untuk bertahan hidup.

Itu dia penjelasan tentang Definisi dan Contoh Kalimat Induktif dan Deduktif Lengkap Beserta contohnya. Semoga Bermanfaat~

This Is The Newest Post

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya!
EmoticonEmoticon