Cara Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup

Cara Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup - Ketika Melakukan kegiatan pengukuran pada praktikum mata pelajaran fisika, kita pastinya masih bingung apalagi jika baru bertemu dan melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat ukur baik itu jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca ohauss, dan lain-lain. Oleh karenanya pada postingan kali ini akan diberikan penjelasan mengenai Cara Pengukuran Menggunakan alat ukur tersebut terkhusus untuk alat ukur Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki dua bagian skala yaitu skala mendatar (SM) sebagai skala utama dan skala putar (SP) sebagai skala nonius. NST mikrometer sekrup dapat ditentukan dengan cara yang sama dengan mistar geser, yaitu : 

NST alat = 1/n (NST tanpa nonius)
atau
NST alat = 1/n (NST Skala mendatar)
Di mana n adalah banyaknya skala putar.  Pada umumnya mikrometer memiliki NST skala mendatar (skala utama) 0,5 mm dan jumlah skala putar (skala nonius) = 50 skala. Jadi NST mikrometer:

 NST Mikrometer = 0,5 mm/50 skala = 0,01 mm

Hasil pengukuran dari suatu mikrometer dapat  ditentukan dengan cara membaca penunjukan ujung bagian skala putar terhadap skala mendatar dan garis mendatar pada bagian skala mendatar terhadap skala berputar. 
Penunjukan ujung SP terhadap skala mendatar = 6 skala atau 6 x 0,5 mm = 3.,0 mm. Penunjukan garis mendatar pada skala utama terhadap SP = 30 skala atau   30 x 0,01 mm = 0,30 mm. Hasil pengukurannya adalah 3,0 mm + 0,30 mm = 3,30 mm.

Itulah penjelasan mengenai Cara Pengukuran Menggunakan Mikrometer Sekrup, semoga bermanfaat.


Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya!
EmoticonEmoticon