Sistem Satuan Internasional (SI), Satuan Dasar, dan Satuan Turunan


Ketika melakukan kegiatan pengukuran, misalnya pengukuran tinggi badan ataupun massa badan dan anda melaporkan bahwa tinggi badan anda 150 dan massa badan anda 65. Pengukuran yang anda lakukan tersebut tidak akan memiliki makna atau arti sehingga tidak akan bisa dipahami oleh setiap orang. Pelaporan hasil pengukuran tidak hanya terdiri dari angka ataupun bilangan tertentu tapi harus disertai dengan satuan agar hasil pengukuran tersebut memiliki makna. Contohnya, ketika melakukan pengukuran panjang sebuah buku maka dilaporkan hasil pengukurannya yakni 10 cm, angka 10 tersebut menyatakan besaran hasil pengukuran, dan cm merupakan satuannya.

Sistem satuan yang digunakan berbeda-beda pada setiap negara ataupun tempat, misalnya satuan panjang Misalnya satuan besaran panjang yang pernah digunakan di Inggris adalah yard, di perancis adalah kaki, ataupun mungkin anda pernah menggunakan satuan jengkal. Definisi 1 yard adalah jarak antara hidung raja Inggris (1120 M) dan ujung lengannya yang direntangkan, 1 kaki adalah panjang kaki raja Louis XIV, raja Perancis, 1 jengkal adalah jarak antara ujung ibu jari dan ujung jari telunjuk ketika direntangkan.

Namun, ketika anda hanya terbiasa menggunakan salah satu satuan, dan mendapatkan atau membaca suatu hasil pengukuran yang menyatakan bahwa jarak antara kota A ke kota B adalah 1.000 kaki maka anda akan bingung dan tidak mempunyai gambaran jelas mengenai jarak kedua kota tersebut. Selain itu ketika menggunakan satuan kaki, yard, dan jengkal bisa berubah dan bersifat tidak tetap karena tubuh manusia mengalami pertumbuhan secara berkelanjutan sehingga akan membingunkan ketika menggunakan satuan tersebut.

Oleh karena itu untuk memperoleh hasil pengukuran yang tepat dan dapat dipercaya maka diperlukan suatu standar besaran dan satuan pokok yang bersifat tetap dan dapat diduplikasi sehingga bisa digunakan secara bersama-sama di seluruh dunia.


Sistem Satuan Internasional
sistem satuan internasional merupakan sistem satuan atau besaran yang digunakan dan disepakati oleh seluruh dunia kecuali Amerika, Liberia, dan Myanmar. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem metrik, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). Sistem SI terdiri dari 7 satuan dasar dan 2 satuan tanpa dimensi. 
Awalan Satuan
Dalam sistem SI juga terdapat standar awalan-awalan (prefix) yang dapat digunakan untuk memperkecil atau memperbesar satuan SI. Awalan-awalan satuan merupakan kelipatan 10 dari satuan dasar.
  • Contoh awalan satuan yang ditambahkan pada satuan besaran pokok
1 km (kilometer) = 10m = 1000 m 
1 mm (milimeter) = 10-3 m = 0,001 m
  • Contoh awalan satuan yang ditambahkan pada satuan besaran turunan :
1 kW (kilowatt) = 103 W = 1000 W
1 MW (megawatt) = 106 W = 1000.000 W 

Satuan Dasar

Satuan Turunan
Satuan turunan adalah satuan yang diturunkan dari satuan pokok. Beberapa contoh satuan turunan yaitu:
  • Satuan gaya: Newton (kg m/s²)
  • Satuan kecepatan: m/s
  • Satuan percepatan: m/s²
  • Satuan luas: m²
  • Satuan volume: m³
  • Satuan energi: Joule (J)
  • Satuan tegangan listrik (beda potensial): Volt (AΩ)
  • Satuan daya: Watt (VA = A²Ω = J/s)

Bahan Referensi Tulisan: wikipedia.org

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya!
EmoticonEmoticon